Service Center Penyedia nomor telepon call center yang bisa dihubungi dari berbagai layanan jasa, ecommerce, expedisi dan lain sebagainya di seluruh Indonesia

Cara Cek KTP Via Internet

Cek KTP Via Internet – KTP (Kartu Tanda Penduduk) merupakan identitas bagi warga negara yang menetap dalam waktu minimal yang telah ditetapkan. KTP diwajibkan untuk warga yang sudah berusia 17 tahun.

Saat ini, Indonesia menyediakan kartu pengenal berupa e-KTP. Selain sebagai tanda pengenal, KTP dapat digunakan setiap warga negara untuk mendapatkan haknya. Dengan adanya teknologi ini, Anda dapat cek KTP via internet baik melalui web maupun aplikasi.

Cek Data eKTP Secara Online Untuk Tahu Kebenaran Data Sehingga Mendapatkan Hak Warga Negara

Selain sebagai tanda pengenal dan penanda, KTP juga menghadirkan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi warga negaranya. Secara umum, KTP dapat menghadirkan banyak keuntungan sesuai dengan integrasi link yang tersedia.

Dengan segala keuntungan yang ditawarkan, ternyata masih ada warga negara yang belum mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan KTP. Rupanya, tanpa KTP Anda tidak bisa melakukan banyak hal yang dapat diperoleh sebagai warga negara. Jika tidak memiliki KTP, maka Anda tidak bisa melakukan beberapa hal berikut.

Baca juga :

1. Tidak bisa membuat SIM

Salah satu persyaratan untuk membuat SIM adalah berusia 17 tahun. Usia ini dibuktikan dengan adanya tanda pengenal berupa KTP. Jika warga negara tidak memiliki KTP, otomatis tidak bisa mendaftar untuk membuat SIM. Dampak jangka panjangnya adalah warga tersebut tidak bisa mengendarai kendaraan secara legal karena tidak memiliki izin.

2. Tidak bisa mendaftar BPJS

BPJS merupakan layanan yang bergerak di bidang kesehatan. BPJS menghadirkan banyak manfaat terutama di pelayanan primer seperti Puskesmas. Supaya bisa menikmati layanan BPJS, diperlukan proses registrasi terlebih dulu.

Apabila seseorang sudah berusia 17 tahun, maka proses registrasi BPJS memerlukan tanda pengenal, yaitu KTP. Dengan menggunakan KTP, proses registrasi dapat dilakukan dengan mudah karena semua data yang diperlukan cukup mengambil dari data KTP dan KTP akan menjadi jaminan bahwa data tersebut benar.

3. Tidak bisa mendaftar perguruan tinggi

Perguruan tinggi merupakan idaman bagi sekelompok orang. Jangan sampai idaman ini hilang hanya karena tidak memiliki KTP. Lagi-lagi KTP sangat diperlukan untuk registrasi sehingga keberadaan KTP sangat diperlukan. KTP akan dijadikan sebagai acuan data yang dikumpulkan oleh pelamar dan menjadi jaminan bahwa semua data yang diberikan sudah benar.

4. Tidak bisa mendaftar beasiswa

Beasiswa dapat menjadi bantuan setiap pelajar yang membutuhkan. Proses pendaftaran beasiswa umumnya memerlukan beberapa berkas administrasi pendukung. Salah satu berkas yang harus dipenuhi adalah tanda pengenal berupa kartu pelajar atau KTP. KTP menunjukkan bahwa pelamar melampirkan data yang asli.

5. Tidak bisa membuka rekening di bank

Tabungan diperlukan untuk menghadapi segala kebutuhan saat ini atau masa depan. Adanya bank sangat membantu proses menabung. Oleh karena itu, membuka rekening di bank sangat dianjurkan untuk siapa saja. Saat membuka rekening bank, pihak bank akan meminta salinan dari tanda pengenal yang akan dijadikan acuan dalam database mereka. Hal ini menjadi alasan mengapa cek KTP via internet, salah satunya, diperlukan untuk tahu validitas KTP-mu.

6. Tidak bisa menikah

Menikah merupakan kegiatan yang diatur dalam undang-undang negara. Supaya diakui oleh negara, maka calon mempelai perlu mendatarkan dirinya ke KUA sebelum menikah. KTP merupakan persyaratan untuk mendapatkan surat nikah. Setelah mendapatkan surat nikah, maka pasangan dapat menjadi pasangan resmi yang diakui oleh negara.

7. Tidak bisa mendirikan usaha

Apabila Anda berminat untuk mendirikan sebuah usaha secara fisik seperti toko, maka Anda memerlukan izin untuk mendirikan usaha. Tidak hanya itu, Anda juga perlu izin untuk mendirikan bangunan. Anda perlu cek KTP via internet sebelum mendaftarkan usaha Anda. Dengan KTP, proses izin untuk mendirikan usaha akan lebih mudah untuk dilakukan.

Cara Cek KTP via Internet Melalui Aplikasi

Pemeriksaan data KTP diperlukan untuk memeriksa keabsahan data yang tercantum di KTP seseorang. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah cek KTP via internet dengan menggunakan aplikasi. Hal ini sangat disarankan jika Anda sering melakukan transaksi online.

Aplikasi cek KTP ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah data yang dikirimkan pihak lain benar atau tidak sehingga tidak terjadi penipuan online. Tidak hanya itu, cek KTP dilakukan untuk memeriksakan apakah KTP Anda sudah betul atau belum. Berikut merupakan langkah lebih lengkapnya untuk cek KTP dengan aplikasi.

1. Download aplikasi

Aplikasi Cek eKTP

Sebelum mulai cek KTP, pastinya Anda perlu untuk download aplikasi terlebih dulu. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui Play Store. Disarankan untuk memilih aplikasi cek KTP dengan rating dan review yang baik seperti Cek KTP (Free). Pastikan kapasitas penyimpanan di HP masih tersedia sehingga aplikasi dapat terinstal dengan benar.

2. Masukkan data

Data yang diperlukan untuk cek KTP via internet melalui aplikasi adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) di kolom yang tersedia. Anda harus memastikan nomor yang dimasukkan sudah benar sehingga dapat memunculkan data yang sesuai.

Klik Cek untuk melihat hasilnya. Hasil yang tercantum biasanya NIK, nama lengkap, jenis kelamin, dan alamat tempat tinggal mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten atau kota, dan provinsi. Setelah hasil tersebut keluar, Anda dapat memastikan data di KTP benar atau tidak.

Cek KTP via Internet Melalui Situs Resmi

Bagi warga negara yang telah memiliki e-KTP, data akan masuk dalam database online melalui situs resmi pemerintah. Cara untuk cek KTP via internet ini lebih sederhana dibandingkan menggunakan aplikasi karena tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan di HP. Namun, Anda harus mengakses website terlebih dulu. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan cara yang dapat dilakukan.

Cara Cek Data KTP Via Online Kemendagri

1. Masuk website

Situs resmi pemerintah yang mencantumkan data e-KTP adalah situs milik Kementrian Dalam Negeri. Situs ini dapat diakses melalui dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Anda bisa mengakses website tersebut di HP atau PC melalui browser dengan memasukkan alamat situs ke adress bar. Selain situs resmi Kementrian Dalam Negeri, Anda juga dapat cek KTP via internet melalui situs eKTP.cekKTP.com

2. Memasukkan NIK

Pada situs Kementrian Dalam Negeri, Anda akan melihat kolom untuk memasukkan NIK. Langkah selanjutnya adalah memasukkan NIK yang akan dicari ke kolom yang tersedia. Setelah dipastikan NIK benar dan tepat, klik Oke untuk cek KTP via internet. Dari hasil yang ada, Anda dapat melihat nama lengkap dari pemilik NIK dan data lainnya. Cara ini juga berlaku untuk situs lainnya.

Cek KTP via internet melalui situs resmi diakui memiliki keamanan lebih baik dibandingkan melalui aplikasi. Hal ini disebabkan pemerintah tidak mengembangkan aplikasi resmi untuk cek KTP. Selain itu, keterbaruan data KTP yang dicek melalui situs resmi lebih terjamin dibandingkan aplikasi. Hal ini disebabkan karena setiap data yang masuk akan langsung diperbarui di situs resmi.

Bagaimana Cara Mengurus eKTP?

Cara Mengurus E-KTP

Apabila NIK KTP tidak ditemukan atau pada saat kalian sedang mencari NIK eKTP berdasarkan nama masih tetap tidak ada, maka sangat pas jika Anda segera mengurus semuanya, karena seperti yang sudah diterangkan diatas apabila Anda sebagai WNI itu diwajibkan mempunyai Kartu Tanda Penduduk, dikarenakan untuk menghindari sesuatu hal yang tidak di inginkan.

1. Langkah pembuatan eKTP caranya sangat mudah sekali, tapi yang jelas Anda harus menyediakan berkas berupa Akta Lahir, KK (Kartu Keluarga) dan jika kamu masih sekolah bawa saja Kartu Nama nya

2. Jika persyaratan semua sudah lengkap, tinggal Anda mendatangi pihak penyelenggara pembuatan eKTP, biasanya di Kantor Desa atau Kecamatan atau juga bisa langsung di DUKCAPIL terdekat

3. Lalu beberapa waktu kemudian Anda akan mendapatkan kartu Penduduk yang dibuat secara elektronik, biasanya KTP tersebut di kirim ke rumah atau di antarkan oleh pihak RT/RW

4. Jika sudah mendapatkan eKTP, maka kartu tersebut bisa digunakan untuk seumur hidup.

Cara cek KTP via internet dapat dilakukan melalui situs resmi atau aplikasi. Cek KTP ini dapat digunakan untuk berbagai kondisi seperti sebelum transaksi online. Dengan memiliki KTP, segala hak sebagai warga negara akan diperoleh. Servicenter.id

Service Center Penyedia nomor telepon call center yang bisa dihubungi dari berbagai layanan jasa, ecommerce, expedisi dan lain sebagainya di seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *