Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia – Saat ini teknologi memudahkan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya dengan berbelanja. Adanya teknologi internet, smartphone serta e-banking membuat transaksi dapat berlangsung dengan cepat dan mudah. Salah satu penyedia jasa layanan jual beli online adalah Tokopedia. Anda tidak perlu khawatir untuk berbelanja secara online karena tetap dapat terjamin serta bila ada ketidaksesuaian dalam transaksi, pembatalan dalam pembelian tetap bisa dilakukan. Artikel ini akan menyajikan mengenai cara membatalkan pesanan di tokopedia.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Lewat Hp

Layanan pembelian melalui Tokopedia dapat dilakukan melalui transaksi melalui media e-banking maupun pembayaran melalui minimarket tertentu yang menjalin kerjasama dengan Tokopedia. Tokopedia juga memberikan fasilitas untuk membatalkan pesanan apabila memang terpaksa harus dibatalkan. Cara membatalkan pesanan di tokopedia juga dapat dipastikan aman dan tidak merugikan Anda.

Keuntungan berbelanja secara online adalah sistem dan caranya yang mudah dan praktis. Namun, proses pembatalan pembelian tidak semudah dilakukan ketika bertransaksi di toko biasa. Sebelum membatalkan pesanan, ada baiknya Anda memperhatikan setiap prosedur dan tata cara pembelian di Tokopedia. Dengan membeli sesuai dengan prosedur, maka Anda sudah menjadi pembeli yang bijak. Namun bila terpaksa harus membatalkan pesanan, pada artikel ini akan membahas lebih rinci cara membatalkan pesanan di tokopedia yang bisa dipraktekkan sesuai prosedur.

Cara Membatalkan Orderan di Tokopedia

Saat membeli barang sebaiknya dilakukan dengan bijak. Namun, bila terdapat beberapa alasan dan akan membatalkan pesanan karena salah membeli atau deskripsi barang tidak sesuai dengan kebutuhan maka tetap bisa membatalkan. Hal yang perlu diperhatikan terkait cara membatalkan pesanan di tokopedia adalah pembatalan berlaku bila pembelian sudah dilakukan dan pembayaran sudah diverifikasi tetapi si penjual belum merespons pembelian Anda.

1. Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan di tokopedia yang pertama yaitu bila akan melakukan pembatalan pemesanan namun Anda belum sempat melakukan pembayaran. Hal ini mudah saja untuk dilakukan. Caranya yaitu melalui pilihan menu pada status pemesanan. Langkah-langkahnya yaitu pilih menu notifikasi, lalu pilih konfirmasi pembayaran. Pada menu tersebut ada kolom yang bertuliskan data pembelian yang telah dipesan di Tokopedia. Pada kolom paling kanan terdapat tombol batal, lalu klik tombol batal. Pembatalan dapat dilakukan dengan cara membiarkan pemesanan tanpa melakukan pembayaran. Dengan tidak melakukan pembayaran otomatis pemesanan sudah dibatalkan selama jangka waktu 24 jam sesudah pemesanan dilakukan.

2. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayarkan Namun Belum Dikonfirmasi

Cara membatalkan pesanan di tokopedia selanjutnya yaitu bila Anda sudah melakukan pemesanan serta sudah melakukan pembayaran. Bila sudah dilakukan pemesanan serta sudah melakukan pembayaran baik melalui transfer maupun melalui minimarket, tetap ada peluang untuk melakukan pembatalan pemesanan. Namun perlu diperhatikan pada status konfirmasi. Bila pembelian belum dikonfirmasi oleh penjual, caranya cukup mudah. Cukup tekan pilihan “batal” pada kolom yang ada. Tetapi proses konfirmasi pembayaran biasanya otomatis sesuai kode yang terdapat pada pembayaran.

3. Membatalkan Pesanan yang Sudah Diproses Lebih Lanjut

Lalu bagaimana bila ingin melakukan pembatalan pembelian tetapi sudah terlanjur melakukan pembayaran serta pembelian sudah dikonfirmasi oleh penjual? Langkah yang dapat diambil terkait cara membatalkan pesanan di tokopedia bila sudah dikonfirmasi yaitu dengan menghubungi si penjual. Masih terdapat kemungkinan untuk dapat melakukan pembatalan pemesanan bila penjual berbaik hati dan mau memahami kondisi Anda. Fitur yang dapat digunakan yaitu melalui menu tanya penjual.

Pada menu ini barangkali penjual dapat dinegosiasi untuk melakukan pembatalan. Bila dalam keadaan seperti ini maka selaku pembeli perlu pandai dalam menjelaskan serta meyakinkan penjual terkait alasan pembatalan pesanan di tokopedia. Tetapi bila pesanan sudah dikemas dan sudah dikirim maka pemesanan sudah tidak mungkin dibatalkan.

4. Arti Kesepakatan Pembelian Barang

Ketika melakukan pembelian barang sebetulnya memiliki arti bahwa pembeli sudah menyetujui kalau pembeli sudah memahami betul setiap rinci barang yang akan dibeli terkait pengambilan keputusan untuk membeli barang tersebut. Pembeli juga seharusnya sudah menyadari bahwa ukuran gambar yang terpasang pada tokopedia bergantung pada ukuran layar ponsel atau pc, sehingga untuk ukuran asli dapat diketahui dari deskripsi barang atau ditanyakan langsung kepada pembeli. Tokopedia berhak juga melakukan pembatalan transaksi pembelian bila dalam waktu 2×24 jam pembeli tidak melakukan pembayaran serta dalam waktu 2×24 jam pembeli tidak melakukan konfirmasi pembayaran.

5. Pengembalian Uang

Terkait prosedur pengembalian uang, pihak Tokopedia memfasilitasi bila terjadi pembatalan transaksi dusah dilakukan. Pengembalian uang dilakukan oleh Tokopedia berdasarkan media pembayaran yang dipakai. Apabila menggunakan fasilitas dan aplikasi e-money, maka dana akan direfund sesuai jumlah pembayaran. Begitu juga dengan pembayaran melalui kartu kredit maka akan dilakukan refund ke limit kartu kredit tersebut.

Bila pembayaran dilakukan melalui transfer bank atau minimarket yang bekerjasama dengan Tokopedia, maka uang akan dikembalikan kepada pembeli dalam rupa saldo Tokopedia. Saldo tokopedia yang dikembalikan dapat dipergunakan untuk melakukan pembelian kembali di tokopedia. Apabila ingin menarik saldo tersebut dalam rupa uang tunai, maka penarikan bisa dilakukan pada bank tertentu dalam jangka waktu maksimal 1×24 jam. Untuk penggunaan kartu kredit maka dana limit dapat kembali maksimal sampai 14 hari kerja.

Catatan Khusus Pembatalan Pesanan di Tokopedia

Ada beberapa catatan khusus yang perlu Anda perhatikan terkait cara membatalkan pesanan di tokopedia. Untuk tombol pengajuan pembatalan baru akan muncul setelah 6 jam sejak pembayaran sudah diverifikasi Tokopedia. Tombol mengajukan pembatalan dapat hilang bila sudah diproses oleh penjual. Selain itu penjual dapat menolak pengajuan pembatalan sehingga pembelian diproses seperti biasa.

Lalu Bagaimana Jika Pembatalan Tidak Bisa Dilakukan?

Cara membatalkan pesanan di tokopedia diatas hanya bisa dilakukan bila pembelian belum dilakukan, bila pembelian belum dikonfirmasi, serta bila penjual menyetujui bahwa pembelian dibatalkan. Penjual di Tokopedia memiliki hak untuk menolak pembatalan pembelian dari pembeli. Sehingga pembatalan pesanan tidak bisa dilakukan secara sepihak apalagi bila sudah dipesan lebih dari 24 jam maka kemungkinan pembelian sudah terlanjur diproses. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pembelian pembeli harus membaca syarat ketentuan serta melihat deskripsi barang secara detail.

Demikian pembahasan mengenai cara membatalkan pesanan di tokopedia, Cara tersebut meliputi untuk pesanan yang sudah dibayarkan maupun yang belum dibayarkan. Selain cara pembatalan pemesanan, peringatan dan penjelasan terkait proses pembatalan tidak kalah penting untuk dibaca dengan rinci supaya proses pembatalan berjalan dengan baik sesuai prosedur. Pastikan Anda tetap memahami prosedur dan aturan untuk membeli barang di tokopedia. Tokoedia merupakan salah satu situs belanja terbaik sehingga proses pembatalan pesanan tetap dapat berlangsung dengan aman dan terpercaya. Bijaklah dalam berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *